cover
Contact Name
Eko Nur Hidayat
Contact Email
ekonurhidayat@akpelni.ac.id
Phone
+62248446272
Journal Mail Official
ekonurhidayat@akpelni.ac.id
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur II/17 Bendan Dhuwur Gajahmungkur Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Majalah Ilmiah Gema Maritim
ISSN : 14112302     EISSN : 2656629X     DOI : https://doi.org/10.37612/gema-maritim
Core Subject : Engineering,
Majalah Ilmiah Gema Maritim adalah majalah ilmiah yang terbit enam bulanan. Lingkup bidang ilmu adalah ilmu terapan meliputi permesinan, kelistrikan, perawatan permesinan, pneumatic, sistem kontrol, elektronika, navigasi, keselamatan, astronomi, stabilitas kapal, logistik, eksport import, kepabeanan, kepelabuhanan, transportasi laut, bahasa, teknologi informatika dan komunikasi. Artikel yang akan diterbitkan dialamatkan ke editor. Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk pemuatan artikel tersedia di setiap terbitan. Semua artikel yang dikirimkan akan diseleksi melalui proses review oleh reviewer (mitra bestari). Majalah ini terbit secara berkala setiap 6 bulanan, yaitu di semester Gasal bulan September dan Semester genap bulan Maret
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 24 No 1 (2022): Gema Maritim Vol 24 No 1 tahun 2022 tanggal 31 Maret 2022" : 10 Documents clear
OPTIMALISASI PENERAPAN ISPS CODE BERDASARKAN TINGKAT KEAMANAN DALAM MENUNJANG KEAMANAN KAPAL DAN PELABUHAN Pranyoto Pranyoto; Kundori Kundori
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 24 No 1 (2022): Gema Maritim Vol 24 No 1 tahun 2022 tanggal 31 Maret 2022
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.349 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v24i1.262

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman awak kapal mengenai penerapan ISPS Code sehingga awak kapal dapat mengerti dan mengidentifikasi gangguan keamanan berdasarkan tingkat keamanan secara efektif baik pada saat kapal berada di pelabuhan maupun saat kapal berlayar. penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Data primer didapatkan langsung melalui wawancara dengan beberapa responden dan observasi langsung ke pelabuhan. Data sekunder diperoleh dari sumber dokumentasi, referensi jurnal, dan berbagai literatur yang mendukung tujuan dari penelitian ini. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara identifikasi jenis-jenis gangguan keamanan di kapal dan pelabuhan kemudian memisahkan gangguan keamanan berdasarkan tingkat kemanan serta tugas dan tanggung jawab dari setiap petugas keamanan selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan. Penerapan ISPS Code berupa pelaksanaan prosedur pengamanan fasilitas pelabuhan pada semua tingkat keamanan (Security Level) Pelabuhan akan aman sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan dunia internasional, dimana hal ini akan berdampak pada peningkatkan kunjungan kapal, menurunkan tingginya biaya logistik dan premi asuransi terhadap wilayan beresiko, serta menarik minat investasi di pelabuhan
ANALISIS TERHAMBATNYA PROSES DOCKING KAPAL DAN TERHAMBATNYA PROSES BONGKAR MUAT YANG DISEBABKAN KERUSAKAN PADA FLOATING DOCK CRANE DI GALANGAN PT. PAL INDONESIA (PERSERO) Taufiq Hidayat; Eka Darmana
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 24 No 1 (2022): Gema Maritim Vol 24 No 1 tahun 2022 tanggal 31 Maret 2022
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (768.978 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v24i1.272

Abstract

Banyak perusahaan pelayaran membutuhkan galangan untuk melakukan perawatan dan perbaikan. Dok apung (floating dock) merupakan konstruksi alat apung tempat untuk memperbaiki kapal. Pelaksanakan docking kapal terdapat Crane floating dock sebagai proses bongkar muat. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui penyebab kerusakan yang memperhambat proses docking kapal, dan untuk mengetahui penyebab kerusakan yang memperhambat proses bongkar muat pada Crane Floating dock (dok apung). Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu : metode observasi adalah melakukan pengamatan langsung terhadap subyek penelitian, metode wawancara adalah melakukan tanya jawab dengan crew maupun penanggungjawab dock, serta metode studi pustaka. Data yang peroleh kemudian dianalisis, dengan mendekatan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari studi ini menyimpulkan bahwa terhambatnya proses docking kapal disebabkan oleh kerusakan pada pompa pembagi (electric valve actuators), dan terjadinya pembengkokan pada pipa penghubung. Dan terhambatnya proses bongkar muat pada crane floating dock disebabkan oleh keausan pada carbon brush dynamo, dan korosi pada wire rope crane floating dock.
ANALISIS PENGARUH MISALIGNMENT PADA KINERJA MOTOR INDUKSI Suker Junior S.; Agus Saleh
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 24 No 1 (2022): Gema Maritim Vol 24 No 1 tahun 2022 tanggal 31 Maret 2022
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.42 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v24i1.274

Abstract

Misalignment adalah kondisi dimana terjadi penyimpangan pada titik pusat antara dua poros yang dihubungkan (dua poros terletak tidak pada satu sumbu). Jika misalignment terjadi pada kopling maka akan mempercepat kerusakan kopling, bearing dan menimbulkan vibrasi berlebihan. untuk mengetahui misalignment maka dilakukan analisis dengan cara melakukan metode alignment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh misalignment pada motor induksi beserta penanganan yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang ditemukan. Bedasarkan penelitian studi kasus yang peneliti lakukan, dengan mengidentifikasi dan analisa pendekatan masalah dengan cara deskriptif kualitatif.Dalam pengumpulan data penulis mengunakan metode observasi yang merupakan suatu metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan langsung terhadap obyek penelitian, metode wawancara dengan penulis melakukan komunikasi dengan teknisi mengenai masalah yang di tangani, serta metode studi pustaka dengan penulis mengambil referensi yang terdapat dalam buku, jurnal dan kajian-kajian yang relevan, Dalam menganalisis dapat disimpulkan hasil yang diperoleh dalam pengetesan dengan mengunakan metode alignment untuk mengetahui pengaruh misalignment pada kinerja mesin induksi ditemukannya terjadi getaran yang berlebihan pada masing-masing poros, terjadinya gesekan yang berlebih pada bantalan mengakibatkan timbulnya panas yang berlebihan, Kumparan pada motor listrik akan bergesekkan sehingga dapat menimbulkan hubungan pendek, Terjadi Kebisingan, Keausan pada bantalan, Keausan pada kopling. Dengan begitu maka dapat di putuskan tehnik untuk mengatasi masalah kerusakan dari tiap komponen.
INTENSITAS PENANGANAN KAPAL OLEH PT. ADHIGUNA PUTERA CABANG TANJUNG WANGI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 Iklil Imtinan Ningsih; Tini Utami
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 24 No 1 (2022): Gema Maritim Vol 24 No 1 tahun 2022 tanggal 31 Maret 2022
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.091 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v24i1.276

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang bagaimana intensitas penanganan kapal oleh PT. Adhiguna Putera Cabang Tanjung Wangi di Masa Pandemi Covid-19, penurunan pendapatan Perusahaan selama masa Pandemi, dan pengalihan rute akibat perubahan moda transportasi dari curah In Bags ke Container.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi (Observation) melalui pengamatan langsung dilapangan,wawancara (Interview) dengan pihak terkait melalui Staf Operasional, dan Studi Pustaka (library).Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan dalam bentuk naratif deskriptif. Peneliti menemukan permasalahan yaitu bahwa berkurangnya Intensitas penanganan kapal oleh PT. Adhiguna Putera selama masa pandemi Covid-19 mengakibatkan berkurangnya pendapatan perusahaan.hal ini disebabkan oleh peralihan dari beberapa trayek kapal karena pemuatan barang yang semula menggunakan sistem curah in bags kini menjadi Container. Berkurangnya intensitas muatan membuat Perusahaan harus mampu mempertahankan kinerjanya, baik bagi pengguna jasa maupun bagi perusahaan. Dengan Penerapan sistem Layd-Up akibat kurangnya charter kapal atau tidak ada muatan yang diangkut. perusahaan meningkatkan pelayanan terhadap penanganan muatan in bags, dengan cara penyelesaian bongkar secara tepat waktu dan penggunaan biaya secara efisien ,penggunaan buruh yang sesuai dengan jumlah gang yang dikerjakan sehingga pemilik barang akan bertahan mengirimkan barangnya secara in bags dan tidak beralih menggunakan container karena merasa puas dengan kinerja perusahaan.
PELAYANAN KEAGENAN PT SERUNTING SRIWIJAYA CABANG BATANG DALAM MENANGANI SIJIL CREW KAPAL TB SETIA MAKMUR Rama Aditya Pangestu; Sulida Erliyana
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 24 No 1 (2022): Gema Maritim Vol 24 No 1 tahun 2022 tanggal 31 Maret 2022
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.284 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v24i1.277

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan keagenan PT Serunting Seriwijaya Cabang Batang dalam menangani penyijilan crew kapal TB Setia Makmur, untuk mengetahui proses dalam melakukan penyijilan crew kapal, sekaligus untuk mengetahui kegiatan pelayanan keagenan PT Serunting Sriwijaya Cabang Batang dalam proses penyijilan crew kapal. Metode penelitian dengan analisis kualitatif, pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dengan cara melakukan pengamatan langsung di PT. Serunting Sriwijaya Cabang Batang ; metode interview dengan mewawancarai beberapa pegawai di PT. Serunting Sriwijaya Cabang Batang ; metode studi pustaka dengan mengumpulkan dokumen yang dianggap relevan dan sesuai judul. Kesimpulan Penelitian ini adalah bahwa ada beberapa dan tahapan dan prosedur yang dilakukan saat akan melakukan penyijilan crew kapal. Terdapat beberapa kendala yang dialami saat melakukan proses penyijlan ada beberapa kendala yang dihapapi seperti habisnya masa berlaku buku pelaut, crew belum melaksanakan rapid tes antigen. Dimasa pandemi sekarang semua crew diwajibkan rapid terdahulu sebelum meaklukan proses penyijilan.
UPAYA MENINGKATKAN PENANGANAN PEMBONGKARAN MUATAN PUPUK CURAH (UREA) DI MV. PUSRI INDONESIA I Dewi Praisma Kartika Septiana; Retno Indriyati
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 24 No 1 (2022): Gema Maritim Vol 24 No 1 tahun 2022 tanggal 31 Maret 2022
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.886 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v24i1.279

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah atau kendala dalam proses pembongkaran muatan, khususnya pupuk curah di MV Pusri Indonesia I, selain itu untuk mengetahui tentang Kedisiplinan awak kapal dalam penggunaan alat keselamatan kerja.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, dimana peneliti mendeskripsikan permasalahan dan pembahasan secara detail. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara Observasi dimana pengamatan dilakukan pada MV. Pusri Indonesia I, Wawancara yang dilakukan dengan orang-orang yang terkait dengan permasalahan yang dibahas tepatnya tentang faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pembongkaran muatan pupuk curah, kususnya urea di MV. Pusri Indonesia I. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Faktor-faktor yang menimbulkan adanya keterlambatan kegiatan pembongkaran muatan pupuk curah (urea) adalah faktor dari anak buah kapal, faktor peralatan bongkar muat, dan faktor cuaca. Sedangkan, kedisiplinan awak kapal dalam penggunaan alat keselamatan kerja juga perlu ditingkatkan karena sangat penting untuk meningkatkan keselamatan kerja saat melaksanakan kegiatan pembongkaran muatan pupuk cuarah (urea)
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB MENURUNNYA KINERJA BOILER DI PT PAPERTECH INDONESIA Priyanto Priyanto; Santhi Wilastari
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 24 No 1 (2022): Gema Maritim Vol 24 No 1 tahun 2022 tanggal 31 Maret 2022
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.865 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v24i1.281

Abstract

Ketel uap (boiler) adalah sebuah alat yang memiliki fungsi untuk menghasilkan uap, dimana memiliki dua bagian yang terpenting yaitu dapur pemanasan dimana pemanas didapat dari pembakaran bahan bakar di ruang bakar, dan boiler proper yaitu sebuah alat yang mengubah air murni menjadi uap panas.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab menurunya kinerja boiler di PT Papertech Indonesia dan untuk mengetahui tindakan apa yang di lakukan untuk mengatasi masalah penurunan kinerja boiler. Metode yang digunakan ini dalam melakukan penelitian metode pendekatan dengan cara Observasi. Hasil Penelitian ini Faktor penyebab menurunnya kinerja boiler pipa api di adalah : Kurangnya air pengisian, Kualitas bahan bakar, Tindakan yang di lakukan dalam menangani masalah adalah Mengoptimalisasi Jumlah Udara Pada Proses Pembakaran Bahan Bakar dan Pengendalian Korosi Pada Pipa api boiler.
OPTIMALISASI FUNGSI ALAT KESELAMATAN DI KAPAL MT. PATRA TANKER 2 Antonius Fernando; Ade Chandra Kusuma; Suganjar Suganjar; Ningrum Astriawati
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 24 No 1 (2022): Gema Maritim Vol 24 No 1 tahun 2022 tanggal 31 Maret 2022
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.548 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v24i1.282

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan fungsi alat keselamatan di Kapal MT. Patra Tanker 2 agar dapat berfungsi dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sementara itu teknik pengumpulan data didapatkan melalui penelitian lapangan field research dengan penggabungan metode observasi, dokumentasi, dan interview mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan fungsi alat keselamatan sangat penting dalam mendukung suatu kapal dalam berlayar terutama jika kapal tersebut dalam keadaan bahaya baik itu kebakaran, orang jatuh kelaut, kepal tenggelam dan lain-lainnya. Alat keselamatan agar dapat berfungsi dengan baik dengan cara, selalu diadakan perawatan rutin. Agar pada saat terjadi keadaan darurat, alat-alat keselamat dapat berfungsi dan dapat digunakan dengan baik. Pada Kapal MT. Patra Tanker2 alat-alat keselamatan sudah baik dan lengkap serta sudah mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh IMO.
THE UTILIZATION OF INSTAGRAM AS A SOCIAL MEDIA IN ENHANCING THE CADETS’ ABILITY TO WRITE A RECOUNT TEXT Dwi Sulistyorini; Haryani Haryani
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 24 No 1 (2022): Gema Maritim Vol 24 No 1 tahun 2022 tanggal 31 Maret 2022
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.275 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v24i1.286

Abstract

Abstract The objective of this research was about finding out if there is a significantly different use of the Instagram media for increasing the cadets’ ability to write Recount text in Technical Department compared to the use of English book media on students' ability to write short recount texts. The samples in this study were two classes of cadets of the Technical Department, Politeknik Bumi Akpelni involving 48 cadets. The experimental group was taught using Instagram as a new way of learning through social media in sample groups and groups taught using English books or handouts in non-examples groups. To find out whether there is an important difference between the final examination scores of the sample and non-sample groups, the t-test was calculated, and it was found that the t-value was higher than the t-table (3, 109 > 2.00). According to the results of the research that has been carried out for 1 semester, the researchers conclude that there is an important effect on using the new method, namely the Instagram social media application, compared to the use of English books or handouts that have been used the old way on the cadets' ability to write recount texts. This means that the t-test is greater than the t-table. The alternative hypothesis (H1) is accepted and the null hypothesis (H0) is rejected. In addition, through a new method of following young people's technology, namely social media Instagram as a medium in teaching English, especially recount text, it is very significant to improve cadets' writing skills.
PENILAIAN PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE MANAGEMENT BY OBJECTIVE DAN LOGIKA FUZZY Eko Nur Hidayat
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 24 No 1 (2022): Gema Maritim Vol 24 No 1 tahun 2022 tanggal 31 Maret 2022
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.663 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v24i1.287

Abstract

Prestasi sebuah organisasi atau perusahaan sangat ditentukan oleh kinerja anggota/pegawainya. Adanya retensi terhadap kinerja pegawai menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi semangat kerja pegawai. Untuk itu penilaian terhadap pegawai menjadi salah satu cara untuk monitoring seberapa tinggi kinerja pegawai pada perusahan tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menilai kinerja pegawai adalah management by objective dimana penilain berdasar variabel sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk melihat nilainya, dapat dilakukan melalui fuzzifikasi hasil penilaian tersebut. Hasil dari fuzzifikasi kinerja pegawai dapat digunakan sebagai salah satu dasar dalam membuat peringkat prestasi kerja pegawai.

Page 1 of 1 | Total Record : 10